ASPEK-ASPEK UTAMA DALAM OBJECT

Abstraksi (abstraction)

Abstraksi adalah pengabstrakan atau penyembunyian kerumitan dari suatu  proses. Sebagai contoh, orang tidak perlu berpikir bahwa mobil adalah kumpulan dari puluhan atau ribuan bagian-bagian kecil (mesin, kabel, baut, roda, rem, dsb). Orang hanya perlu berpikir bahwa mobil adalah sebuah objek yang telah memiliki prilaku spesifik, yang dapat digunakan sebagai alat transportasi, sehingga dia/mereka tinggal menggunakannya atau mengendarainya tanpa harus mengetahui kerumitan proses yang terdapat di dalam mobil tersebut.

Contoh Abstraksi:

Contoh berikut akan menjelaskan penggunaan class abstrak dalam  pemrograman Objek dalam Java. Kelas abstrak yang dibuat adalah kelas Animal, kemudian dengan dua jenis variabel, jumlah kaki dan warna. Ditambahkan method berdasarkan cara jalan dan suaranya :

public abstract class Hewan {

private int jmlKaki;

private Color warna;

public abstract void jalan();

public abstract void suara();

{

Pewarisan (Inherintance)
Inheritance adalah proses pewarisan data dan method dari suatu kelas kepada kelas yang lain. Pewarisan ini bersifat menyeluruh, sehingga semua data dan method yang dimiliki oleh kelas asalnya akan diturunkan kepada
kelas baru. Kelas yang mewarisi disebut kelas “SUPER (super class)” dan
kelas yang diwarisi disebut “SUBKELAS (sub class)”.
Contoh : terdapat class sepeda dan sepeda gunung. Sepeda termasuk superclass. Sepeda gunung termasuk subclass. Hal ini dikarenakan sepeda gunung memiliki variabel dan method yang dimiliki oleh sepeda.
Prinsip dasar inheritance yaitu persamaan-persamaan yang dimiliki oleh  beberapa kelas dapat digabungkan dalam sebuah class induk sehingga setiap kelas yang diturunkannya memuat hal-hal yang spesifik untuk kelas yang  bersangkutan.
Polimorfism
Polimorfism merupakan kemampuan suatu objek untuk mengungkap  banyak hal melalui satu cara yang sama. Sebagai contoh, terdapat kelas A yang diturunkan menjadi kelas B,C dan D. Dengan konsep polimorfisme, kita dapat menjalankan method-method yang terdapat pada kelas B,C dan D
hanya dari objek yang di instansiasi dengan kelas A. Polimorfism sering dinamakan dengan dynamic binding, late binding, maupun runtime binding. Dengan adanya konsep dasar tersebut di atas, maka dengan menggunakan OOP kita dapat melakukan pemecahan suatu masalah tanpa melihat  bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah tersebut (terstruktur) tetapi objek-objek apa yang dapat melakukan pemecahan masalah tersebut

Contohnya :

1. Hewan Kuda dengan Burung jika di satuin menjadi Pegasus

2. Perusahaan Smart dan Perusahaan Fren, dan sekarang Perusahaan itu bersatu menjasi Perusahaan Smartfren

 

Encapsulation

Adalah pembungkusan/pengemasan data dan fungsi dalam wadah bernama obyek.

atau…Menyembunyikan operasi-operasi dari dunia luar dan dari obyek-obyek lain

Contohnya :

1. Kita membuat Rekening Bank dengan menyerahkan data-data seperti KTP, data pribadi dll,,, tapi pihak bank tidak mengetahui kode PIN kita

2. Kita membeli Baju di Toko, tapi kita tidak tau menau cara membuat baju itu

3. Kita Mengirim Pesan SMS ke teman kita, tapi kita tidak tau menau bagaimana cara nya pengiriman SMS tersebut

Assosiation (Assosiasi)

Assosiasi adalah hubungan antara object. Relasi assosiasi biasa disebut is “a” relationship. Assosiasi berarti bahwa sebuah object “menggunakan” object yang lain. Assosiasi adalah sebuah relasi dimana semua object memiliki lifecycle nya sendiri dan tidak ada yang bertindak sebagai owner.

Contoh Teacher dan Student. Banyak Student dapat berasosiasi dengan satu Teacher dan satu Student   dapat berasosiasi dengan banyak Teacher. Object keduanya bisa dibuat dan dihancurkan secara mandiri tanpa berpengaruh pada eksistensi object lain.

Aggregation (Agregasi)

Agregasi adalah bentuk hubungan yang lebih khusus dari Assosiasi dimana sebuah object memiliki lifecycle nya sendiri tapi dengan kepemilikan dan class child tidak dapat memiliki class parentnya. Relasinya biasa di sebut relasi “has-a”.

Sebagai contoh, Department dan Teacher. Satu Teacher tidak dapat memiliki banyak Department, tapi jika kita menghapus object Department, object Teacher tidak akan ikut terhapus.

Referensi :

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s